Friday, April 14, 2017

Tips Fotografi Menggunakan Smartphone

Semakin berkembangnya smartphone berbanding lurus dengan kemajuan teknologi dalam bidang fotografi. Kemudahan dalam mengabadikan momen semakin mudah dengan adanya smartphone, Sekarang mulai banyak smartphone yang memiliki kemampuan untuk menangkap gambar dengan baik bahkan hampir setara dengan Kamera DSLR. Selain simpel untuk dibawa, Smartphone juga lebih mudah untuk digunakan. Nah untuk mendapat kan foto yang bagus, tidak boleh mengambil foto dengan sembarangan, alias ada triknya untuk mendapatkan foto yang maksimal.



1. Pegang Kamera Se-Stabil Mungkin
Saat ingin mengambil gambar, usahakan tangan kamu selalu stabil. Karena semakin stabil Smartphone kamu saat mengambil gambar akan semakin baik gambar kamu. Karena biasanya, bila smartphone kamu goyang, hasil foto kamu akan menjadi blur. kecuali saat kamu menggunakan mode pro dan mengubah shutter speed nya menjadi sangat kecil. Bisa juga menggunakan alat tambahan seperti tripod.

2. Jangan Menggunakan Zoom
Mendekatkan Smartphone ke objek akan lebih baik daripada menggunakan zoom, karena zoom akan menurunkan resolusi foto dan mengakibatkan hasil tangkapan kurang tajam. Jadi lebih baik kamu yang mendekat ke objek yang akan di foto.

3. Ambil Banyak Gambar.
Ambilah foto yang banyak baru pilih foto mana yang akan kamu ambil dan foto mana yang akan kamu buang. Dengan begitu kamu akan mendapat banyak sampel. Apabila terdapat sebuah kesalahan pada foto pertama, kamu masih memiliki cadangan foto yang lain.

4. Pastikan Mendapat Pencahayaan Yang Baik
Lebih baik jangan menggunakan flash yang ada pada smartphone, lebih baik kamu cari pencahayaan yang tepat. Karena biasanya, flash hanya akan membuat objek saja yang cerah, namun background nya akan menjadi hitam dan kurang bagus untuk dilihat. Lebih baik dapatkan pencahayaan alami seperti dari sinar matahari.

5. Jauhkan Objek Dari Background
Untuk tips yang satu ini bisa kamu gunakan ketika ingin mengambil foto dengan efek bokeh (apabila tidak tau apa itu foto bokeh lihat contoh foto bokeh DISINI). Tapi juga perlu diperhatikan berapa bukaan yang ada pada kamera smartphone mu. Apabila semakin kecil bukaanya maka hasil yang didapatkan bisa semakin bokeh.

6. Ambil dari angle lain
Jangan hanya mengambil foto dari depan saja, cobalah ambil dari angle lain seperti dari bawah samping dsb. Karena foto yang diambil dengan cara biasa biasa saja, biasanya akan menghasilkan foto yang biasa biasa juga. Cobalah seperti dengan posisi jongkok maka akan mendapat foto yang tidak biasa.

7. Pilih Aplikasi Edit Foto yang Bagus
Smartphone juga memiliki beberapa fitur pengolahan foto bawaan yang cukup menarik. Coba gunakan aplikasi edit foto untuk memudahkan kita melakukan editing penting.

8. Share dan Tanyakan Pendapat Teman Temanmu
Apabila foto yang diambil sudah cukup baik jangan lupa untuk men-share foto kamu. Coba tanyakan kepada teman temanmu apa kekurangan dan kelebihannya. sehingga kamu dapat mengoreksi foto kamu agar foto foto selanjutnya akan mendapatkan hasil yang lebih baik kualitasnya.

No comments:

Post a Comment