Tuesday, November 22, 2016

Tips Management Waktu

5 TIPS MANAGEMENT WAKTU

Pernah nggak sih kalian ngerasa kalau hari itu berlalu dengan cepat dan kegiatan masih numpuk trus rasanya capek banget ? Kalo pernah, berarti itu tandanya kalian kurang dalam memanagement waktu kalian. Nah maka dari itu Ini dia Tips buat kalian yang kesulitan dalam mengatur waktu.


1.. Bagi Kegiatanmu Kedalam Kotak Prioritas

Menurut Covey,Merrill and Merrill (1994) Cara yang paling baik dalam menentukan kegiatan prioritas adalah dengan membagi kegiatanmu menjadi penting-mendesak, penting-tidak mendesak, tidak
penting-mendesak dan tidak penting-tidak mendesak seperti gambar berikut. Nah setelah membuat kotak prioritas, gunakan lah kotak tersebut sebagai prioritas kalian dalam menjalankan kegiatan.

2.. Rapikan Barang Barang Mu

Merapikan barang barang mu, bisa membuat kegiatan yang akan kamu lakukan bisa berjalan lebih effisien dan lebih cepat. Mengapa ? Misalnya, kalian ingin mengerjakan Tugas Sekolah kalian, ketika ingin mencari bulpoin ternyata menyelinap disuatu tempat. Nah hal tersebut akan menghabiskan waktu kalian, bahkan bisa bisa kalian harus membeli bulpoin baru.

3.. Berhentilah Menjadi Sang Penunda Pekerjaan

Hentikanlah kebiasaan mu dalam menunda nunda pekerjaan, selain tidak produktif hal tersebut dapat mengacaukan hari harimu yang akan datang. Bayangkan bagaimana jika kalian yang sudah sekolah atau bekerja selama 8 jam atau lebih, lalu harus dibawa pulang kerumah dan mengerjakan tugas tadi.

4.. Biasakan Untuk Mencatat Kegiatan Kegiatanmu Setiap Hari

Kalian bisa memulai membuat catatan kegiatan dengan mencatat apa saja yang akan kamu lakukan tiap 30 Menit dalam satu hari, dan lakukan hal ini dalam 2 minggu. Kemudian lihat dan evaluasi bagaimana cara kalian menghabiskan waktu kalian.
Apakah kalian sibuk dalam mengerjakan tugas, menonton tv atau berjalan jalan. Catatan kalian akan berguna untuk mengingatkan kalian bagaimana cara kalian menghabiskan waktu.

5.. Walau Ingin Semaksimal Mungkin Memanfaatkan Waktu Tetap Masukkan Hobi Ke Daftar Agendamu

Kamu tetap harus memberikan “me time” disela-sela jadwal kegiatan harianmu itu. Mengatur jadwal dan mengelola waktu tidak melulu berkaitan dengan apa yang HARUS kamu lakukan, tapi juga apa yang INGIN kamu lakukan. Bayangkan saja jika dalam sehari kamu bekerja terus tanpa ada alokasi waktu buat break?

Yakin deh, selain merasa stres kamu bakal jatuh sakit karena terlalu memaksakan diri. Usahakan luangkan waktu di penghujung hari seperti jam 5 atau sehabis magrib untuk melakukan kegiatan yang menjadi hobbymu.

No comments:

Post a Comment