5 TIPS MANAGEMENT WAKTU
Pernah nggak sih kalian ngerasa kalau hari itu berlalu
dengan cepat dan kegiatan masih numpuk trus rasanya capek banget ? Kalo pernah,
berarti itu tandanya kalian kurang dalam memanagement waktu kalian. Nah maka
dari itu Ini dia Tips buat kalian yang kesulitan dalam mengatur waktu.
1.. Bagi Kegiatanmu Kedalam Kotak Prioritas
Menurut Covey,Merrill and Merrill (1994) Cara yang paling baik dalam menentukan kegiatan prioritas adalah dengan membagi kegiatanmu menjadi penting-mendesak, penting-tidak mendesak, tidak
2.. Rapikan Barang Barang Mu
Merapikan barang barang mu, bisa membuat kegiatan yang akan
kamu lakukan bisa berjalan lebih effisien dan lebih cepat. Mengapa ? Misalnya,
kalian ingin mengerjakan Tugas Sekolah kalian, ketika ingin mencari bulpoin
ternyata menyelinap disuatu tempat. Nah hal tersebut akan menghabiskan waktu kalian, bahkan bisa bisa kalian harus membeli bulpoin baru.
3.. Berhentilah Menjadi Sang Penunda Pekerjaan
Hentikanlah kebiasaan mu dalam menunda nunda pekerjaan,
selain tidak produktif hal tersebut dapat mengacaukan hari harimu yang akan
datang. Bayangkan bagaimana jika kalian yang sudah sekolah atau bekerja selama
8 jam atau lebih, lalu harus dibawa pulang kerumah dan mengerjakan tugas tadi.
4.. Biasakan Untuk Mencatat Kegiatan Kegiatanmu Setiap Hari
Kalian bisa memulai membuat catatan kegiatan dengan mencatat
apa saja yang akan kamu lakukan tiap 30 Menit dalam satu hari, dan lakukan hal
ini dalam 2 minggu. Kemudian lihat dan evaluasi bagaimana cara kalian
menghabiskan waktu kalian.
Apakah kalian sibuk dalam mengerjakan tugas, menonton tv atau berjalan jalan. Catatan kalian akan berguna untuk mengingatkan kalian bagaimana cara kalian menghabiskan waktu.
Apakah kalian sibuk dalam mengerjakan tugas, menonton tv atau berjalan jalan. Catatan kalian akan berguna untuk mengingatkan kalian bagaimana cara kalian menghabiskan waktu.
5.. Walau Ingin Semaksimal Mungkin
Memanfaatkan Waktu Tetap Masukkan Hobi Ke Daftar Agendamu
Kamu tetap harus
memberikan “me time” disela-sela jadwal kegiatan
harianmu itu. Mengatur jadwal dan mengelola waktu tidak melulu berkaitan dengan
apa yang HARUS kamu lakukan, tapi juga apa yang INGIN kamu lakukan. Bayangkan
saja jika dalam sehari kamu bekerja terus tanpa ada alokasi waktu buat break?
Yakin deh, selain
merasa stres kamu bakal jatuh sakit karena terlalu memaksakan diri. Usahakan
luangkan waktu di penghujung hari seperti jam 5 atau sehabis magrib untuk
melakukan kegiatan yang menjadi hobbymu.
No comments:
Post a Comment